Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Oleh Blogger Pemula

Tidak ada cara benar ataupun Salah untuk Blogging, karena semua ada prosesnya. Blogging dianggap menyenangkan karena kita dapat mengedit, mengubah, menghapus atau mengupdate postingan kita kapanpun. Namun meskipun menjadi blogger terdengar mudah, bagi anda para pemula ada beberapa Tips atau cara yang harus anda kuasai sebelum memutuskan untuk membuat suatu blog. Nah! berikut ini beberapa tips nya.

Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Oleh Blogger Pemula

Sebelum masuk ke Tips Blogging anda harus tahu terlebih dahulu mengapa anda harus membangun blog.

  1. Blogging merupakan cara berkomunikasi dengan menyebarkan informasi dan berita paling populer, mudah dan cepat.
  2. Blogging menjadi cara anda untuk mengekspresikan diri dan juga sarana untuk berbagi informasi dengan orang lain.
  3. Dengan Blogging selain dapat berbagi informasi kita juga dapat memperoleh informasi baru dari apa yang kita posting.
  4. Anda bisa belajar menjadi penulis yang baik 
  5. Alasan yang paling menggiurkan adalah kita dapat memperoleh Uang sebanyak-banyaknya dari blogging tersebut. 
Dengan memiliki blog sendiri, tentunya ada lebih leluasa dan memiliki lebih banyak kontrol dan kreativitas. Tips yang ada disini tidak hanya berdasarkan pengalaman penulis, tetapi informasi artikel ini juga berasal dari beberapa sumber yang kami peroleh dari teman sesama blogger dan dari berbagai sumber artikel di internet yang kemudian kami rangkum menjadi informasi yang ringkas dan mudah dicerna oleh pembaca. 

Tips & Trik Blogging Untuk Pemula


Tulislah Topik yang Susuai dengan Passion Anda
Blogging akan sangat menyenangkan jika anda memiliki topik yang sesuai dengan Passion dan hal yang benar-benar anda kuasai. Jika anda benar-benar menguasai apa yang anda posing maka informasi yang anda tulis dalam artikel tersebut akan lebih banyak, menarik, rinci sehingga mudah diterima oleh pembaca. 

Blog adalah tentang ide yang sesuai dengan Anda. Salah satu hal yang harus dihindari adalah terjebak di giveaway sebagai usaha untuk memperoleh pembaca. Ada beberapa blogger bagus yang menurun kualitasnya karena terobsesi mengadakan giveaway. Memang menyengkan sekali ketika host giveaway. Namun ini bukanlah cara utama untuk membuat pembaca datang dan berkunjungke blog anda. Pembaca akan datang karena Konten anda Menarik dan memang layak untuk dibaca. 

Pilih Konten Yang Bagus dan menarik 
Carilah Ide yang tidak dilakukan kebanyakan Blogger lain. Bila blog anda memiliki topik yang sama dengan blogger lainnya. carilah ide kreativ dan manarik dan jarang dilakukan oleh blogger lain.

Memang anda tidak bisa membuat semua orang senang, Namun berusahalah untuk membut tulisan anda lebih menarik dan dapat diterima oleh pembaca. Misalnya anda membuat postingan tentang ide-ide terbaru dalam teknologi informasi. 

Menulis Seperti Ketika Anda Berbicara
Postingan akan lebih menarik dan mudah dibaca, jika kata-kata anda mudah di terima oleh semua kalangan dan informasi yang anda berikan lebih rinci dan jelas. Biarkan pembaca membangun koneksi dengan anda ketika mereka membaca konten anda. Buat blog yang bersifat kasual, karena orang akan lebih menyukainya. 

Inkonsistensi
Banyak blogger baru bersemangat diawal tetapi seiring dengan berjalannya waktu mereka menjadi inkonsisten, tidak sering blogging lagi, sehingga mereka tidak lebih dengan pembaca dan menulis artikel sembarangan tanpa memperhatkan konten dan hal apa yang membuat pembaca tertarik.  

Sebelum memulai blogging, cobalah untuk mengatur tugas dengan cara yang realistis agar anda selalu tahu perkembangan blog anda dan hal apa yang harus anda lakukan. Yang lebih penting lagi, setelah anda mempublikasikan tulisan anda, pastikan anda memiliki waktu untuk mempromosikan dan menyebar backlink sebanyak-banyaknya.

SEO (Search Engine Optimazation)
SEO merupakan serangkaian upaya yang dilakukan oleh seorang webmaster pada sebuah website yang bertujuan untuk meningkatkan visibilitas sebagai halaman website menjadi lebih baik di mesin pencarian utama Google. Semua bisnis pasti harus memiliki profit, right? berbagai cara dapat dilakukan pengusaha untuk meningkatkan keuntungan perusahaanmereka, baik dengan melakukan pemasaran offline ataupun melalui internet marketing. ada banyak manfaat dari penggunaan SEO ini diantaranya.
1. Mendatangkan Trafik Potensial ke Website Bisnis
2. Meningkatkan Brand Awareness Bisnis anda
3. Mendapatkan Data Customer anda dengan Gratis

Struktur Postingan Blog
Tidak banyak blogger yang mengetahui bahwa cara menyusun blog post bisa memiliki dampak besar pada keberhasilan blog mereka. Apabila sebuah blog post terstruktur dengan baik, maka hal tersebut akan membantu dari segi SEO dan juga membuat postingan mereka lebih mudah dibaca. Akan lebih baik jika kita menertakan Gambar fitur dan gambar di post. Sub Headline juga akan banyak membantu, baik untuk SEO dan keterbacaan. 

Fokus pada Kualitas Bukan Kuantitas
Banyak blogger lebih fokus pada kuantitas atau banyaknya postingan bukan Kualitas dari postingan mereka, padahal hal tersebut merupakan sebuah kesalahan besar. Ada teori yang menyatakan anda perlu blogging beberapa kali dalam seminggu untuk membuat blog selalu terlihat segar, baik dari perspektif konsumsi manusia dan juga dari perspektif mesin pencari. untuk membuat postingan yang bagus dan mendalam dibutuhkan waktu untuk meriset, menulis dan mengedit. Kecuali anda berada dalam perusahaan besar dan memiliki tim penulis yang sudah profesional, tidak ada waktu yang cukup dalam sehari untuk melakukan ini, karena banyaknya blog yang muncul dengan materi yang dibawah standar. 

Buat Tulisan yang Bagus
Untuk memperoleh dan mempertahankan pembaca. kita harus memperhatikan tulisan kita. Karena Semakin banyak pembaca, samakin baik pula blog kita. Namun ada banyak faktor yang membuat pembaca berpotensial pergi, yaitu karena tulisan kita yang buruk. Memang sering ditemukan kesalahan format, ejaan, dan tata bahasa di blog post dengan artikel yang diterbitkan secara online. Kesalahan dalam penulisan tidak hanya membuat postingan sulit dan tidak enak dibaca, tetapi juga membuat inti dari postingan kita sulit tersampaikan, yang akhirnya membuat pembaca kecewa dan menganggap blogger tidak profesional. Tulisan yang baik lebih dari sekedar kalimat yang strukturnya benar dan telah diperiksa ejaannya. Tulisan yang bagus memiliki inti dan bisa diakses, dengan kata lain mudah dibaca dan dipahami. 

Buat Headline yang pendek dan deskriptif
Semakin spesifik subjek yang anda tulis, maka akan lebih baik pula blog anda. Hal ini tidak hanya memberi pembaca informasi lebih tentang seberapa berharga postingan anda untuk mereka, tetapi juga untuk meningkatkan kemungkinan peringkat post di mesin pencarian karena kompetisi yang kurang untuk istilah yang anda gunakna. 

Sebisa mungkin buat headlines yang pendek, namun bersifat deskriptif. Jangan gunakan 10 kata bila anda bisa mengatakannya dalam 7 kata. Google membatasi judul hingga 70 karakter jadi anda harus selalu membuat judul di bawah jumlah ini. 

Setiap orang bisa membuat kesalahan, begitupun dengan blogger, semoga tips & trik dari kami bermanfaat. 
sumber: www.dewaweb.com

0 Response to "Tips Blogging dan Kesalahan yang Harus Dihindari Oleh Blogger Pemula"

Posting Komentar